Home / News / Detail Page

Geopark Kaldera Toba Jadi Ikon Pariwisata Sumut

07/07/2015

25062015-lake-toba-from-parapat

Pemandangan Danau Toba 

MEDAN, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan menjadikan Geopark Nasional Kaldera Toba sebagai ikon pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Dalam rapat paripua DPRD Sumut di Medan, Jumat (3/7/2015), Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, Hasban Ritonga mengatakan, geopark adalah taman bumi yang menggunakan konsep pengembangan kawasan secara berkelanjutan.

Konsep geopark tersebut memadukan keragaman geologi, keragaman hayati (biodiversity), budaya (culture diversity) yang dimanfaatkan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan geopark tersebut didukung keunggulan kawasan Danau Toba yang merupakan warisan geologi dan keunggulan tujuan wisata yang juga memadukan potensi alam dengan kekayaan budaya.

Untuk memantapkan eksistensi Geopark Kaldera Toba, Pemprov Sumut telah menjalin komitmen dengan tujuh kepala daerah di kawasan Danau Toba dalam meningkatkan potensi kepariwisataan di kawasan strategis nasional itu.

Kemudian, telah dibentuk tim percepatan Geopark Kaldera Toba menuju bagian dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO). Dengan masuknya Geopark Kaldera Toba ke dalam UNESCO, diharapkan keberadaan berbagai peninggalan akibat letusan gunung api maha dahsyat itu terpromosikan ke dunia inteasional.

Setelah terpromosikan ke berbagai negara, diharapkan kunjungan wisatawan mancanegara semakin meningkat di Sumut, terutama ke kawasan Danau Toba. Dengan demikian, tambah Ritonga, diharapkan juga minat investor semakin tinggi untuk menanamkan modalnya ke kawasan Danau Toba sehingga wisata andalan Sumut itu semakin berkembang.

sumber : kompas.com